Mametmethu do au nian manjalo sude angka asi ni rohaM dohot sude hasintongan, angka na binahenMi tu naposoMon (1 Musa 32 : 10 a)

Kamis, 25 Juni 2015

Renungan Markus 5 : 21 - 43



BAHAN RENUNGAN IBADAH LINGKUNGAN GKPI PADALARANG,
 RABU, 01 JULI 2015, MARKUS 5 : 21 - 43





Pendahuluan :

Ada keistimewaan tersendiri dari perikop ini, karena mengisahkan sekaligus dua mujizat dalam satu perikop. Dua cerita ini berbeda namun saling berkaitan dan berlangsung di tempat yang sama. Alur dan titik sorot pemberitaannya berpindah-pindah sehingga dapat menimbulkan kebingungan bagi pembaca masa kini. 
Namun demikian, kedua cerita itu memiliki hubungan yang sangat erat sehingga sulit bila harus dipisahkan. Barangkali inilah alasan dari penulis kitab Markus memasukkan kedua cerita mujizat ini dalam satu kesatuan perikop. Kedua cerita mujizat yang dimaksud adalah cerita tentang putri Yairus, anak kepala rumah ibadah/sinagoge yang sakit dan hampir mati dan seorang perempuan yang menderita sakit pendarahan selama 12 tahun. 

Tafsiran / Keterangan ayat demi ayat :
Ayat 21 - 24 : Yairus dengan kerendahan hati datang dan bermohon kepada Yesus di pantai danau Galilea 
Dalam Ayat 21 - 24, dikatakan banyak orang berbondong-bondong mengerumuni Tuhan Yesus, salah seorang diantara orang banyak itu bernama Yairus, seorang kepala Synagogoe/rumah ibadah. Pada saat itu, Kepala rumah ibadah tergolong orang yang lumayan penting. Ia adalah orang yang bertanggung jawab atas penyelenggaraan semua kegiatan di dalam rumah ibadat. Pemimpin rumah ibadat adalah salah seorang yang paling dihormati di tengah-tengah masyarakat saat itu. Pada zaman itu pihak imam di Synagoge seringkali mengecam apa yang Tuhan Yesus lakukan. Tetapi suatu hal yang mengherankan terjadi dalam perikop ini, Yairus yang adalah seorang kepala Synagoge datang dan tersungkur di depan kaki Yesus. Penulis Markus ingin menyampaikan kepada pembacanya bahwa Yairus, yang dikenal sebagai Kepala rumah ibadah/sinagoge dan sekaligus dihormati secara sadar menjatuhkan dirinya dihadapan Yesus seraya bermohon untuk kesembuhan putrinya yang masih kecil. Yairus tidak peduli dengan statusnya sebagai kepala Synagoge, ia hanya ingin agar Yesus menumpangkan tangan-Nya di atas kepala putrinya agar putrinya sembuh. Yesus dalam hal ini menyanggupi permohonan Yairus, serta memutuskan untuk pergi kerumah Yairus dengan tujuan menyembuhkan putrinya. Akan tetapi dalam perjalanan kerumah Yairus, cerita ini menjadi terpotong karena di tengah jalan Yesus dihampiri oleh seorang perempuan yang sakit pendarahan selama 12 tahun.

Ayat 25 - 34 : Perempuan yang sakit pendarahan mencari kesembuhan pada Yesus.
Bagian kedua perikop ini menceritakan seorang perempuan yang mengalami sakit pendarahan selama 12 tahun. Penyakit ini tentu sangat menyusahkannya karena dengan menderita penyakit pendarahan, secara tidak langsung dia terpisah dari masyarakat umumnya. Dia memiliki dunianya sendiri dan dipandang najis oleh orang lain. Namun demikian, ia memiliki iman yang patut untuk ditiru. Karena diceritakan disini, perempuan ini merasa sudah cukup bila hanya menyentuh jubah Yesus. Dan setelah di menyentuh jubah-Nya, dia merasa bahwa pendarahannya sudah berhenti dan sembuh. Yang menarik dalam perikop ini adalah bahwa Yesus berhenti dan meminta keterangan siapa gerangan yang telah menjamah jubahnya. Yesus sebenarnya tahu siapa yang menjamah jubah-Nya dan tahu cara orang itu menjamah jubah-Nya. Dia juga tahu bahwa seorang perempuanlah yang melakukannya. Lalu kenapa Yesus harus bertanya siapa yang menjamah jubahNya? Maksud Yesus disini adalah, Yesus hendak menyingkapkan apa yang saat itu perlu diketahui oleh semua orang – termasuk Yairus yang bersama dengan-Nya saat itu – bahwa iman dapat menyelamatkan seseorang. Dalam hal inilah terlihat jalinan kedua cerita yang berbeda itu. Markus memuat kisah perempuan yang sakit pendarahan seolah-olah dalam rangka meyakinkan Yairus, yang saat itu berada dalam kekhawatiran yang amat sangat terhadap putrinya, dan juga kepada pembacanya bahwa Yesus dapat menyembuhkan bahkan menyelamatkan orang oleh karena iman dan percaya mereka kepada-Nya. Yesus tidak menuntut apa-apa selain beriman penuh kepada-Nya. Itu ditunjukkan melalui apa yang ada dalam pikiran si perempuan, yaitu asalkan dia menyentuh jubah-Nya saja pasti dia sembuh. 

Ayat 35 - 43 : Pembangkitan anak Yairus
Sesaat setelah peristiwa penyembuhan, di ay 35 dikatakan bahwa seorang keluarga Yairus datang dan memberitahu bahwa anak Yairus telah meninggal. Tetapi Yesus tidak menghiraukannya dan berkata kepada Yairus : “Jangan takut, percaya saja”(ay.36). Dalam hal ini, Yesus seolah-olah tahu apa yang ada di pikiran Yairus. Sehingga Dia mengatakan “Jangan takut, percaya saja!”. Kata-kata ini merupakan penguatan bagi iman Yairus yang saat itu mungkin berada dalam titik terlemah. Ayat 38-40, menggambarkan situasi berkabung di rumah duka. Putri Yairus (satu-satunya) kehilangan kesempatan untuk sembuh, dan lalu meninggal. Sanak-saudara Yairus tentu sangat berduka karena anak ini tergolong masih sangat muda, berumur 12 tahun. “Mengapa kamu ribut dan menangis? ..” merupakan pertanyaan yang diajukan Yesus saat itu. Ini merupakan pertanyaan retoris Yesus kepada orang-orang di sana. Dia tahu bahwa mereka menangisi anak Yairus, namun Dia tetap bertanya, karena mungkin bagi-Nya, menangis tidaklah tepat untuk dilakukan saat itu. Yesus melanjutkan perkataan-Nya, “… Anak ini tidak mati, tetapi tidur!”. Ya, bagi Yesus, anak itu hanya tertidur, sehingga tidaklah tepat bila mereka berduka dan menangis. Apa respon orang-orang saat mendengar perkataan Yesus? Mereka sontak tertawa. Mereka menertawakan Yesus. Yesus tidak mundur walau ditertawakan, bahkan Yesus menyuruh mereka semua yang tertawa keluar. Ia hanya mengijinkan Yairus dan istrinya beserta murid-murid-Nya masuk ke dalam kamar anak perempuan itu. Yesus pun memegang tangan anak itu dan berkata "Talita kum," yang berarti: "Hai anak, Aku berkata kepadamu, bangunlah!". Seketika itu juga anak itu bangkit berdiri dan berjalan. Betapa mengagumkan sentuhan tangan Yesus dan perkataan yang keluar dari mulut-Nya. Kata-kata yang membuat si anak membuka matanya dan sentuhan tangan-Nya dapat menguatkan untuk berdiri dan berjalan. Kisah ini ditutup dengan pesan Yesus: Dengan sangat Ia berpesan kepada mereka, supaya jangan seorangpun mengetahui hal itu, lalu Ia menyuruh mereka memberi anak itu makan. Sebenarnya Yesus sudah harus tahu kalau sedang ada banyak orang, yang nantinya akan memberitakan perihal kebangkitan anak Yairus dengan cepat. Ini keempat kalinya dalam Injil Markus, Yesus mengatakan demikian. Namun apa sebenarnya maksud Yesus? Maksudnya disini, Yesus belum ingin diketahui sebagai Mesias, karena belum waktunya. Ia hanya ingin bahwa pengikut-pengikut-Nya merasakan karaya penyelamatan Allah di dalam diri-Nya. 

Aplikasi : 
Sikap rendah hati yang ditunjukkan perempuan yang sakit pendarahan dan Yairus menjadi teladan bagi setiap orang percaya. Kedua tokoh ini tidak enggan untuk merendahkan diri mereka di hadapan Yesus, terutama Yairus. Yairus, dengan semua jabatan yang dia punya, tidak segan untuk menjatuhkan diri di hadapan Yesus, merendahkan diri dengan sangat untuk memohon belas kasihan Yesus. Yairus secara sadar memohon kepada Yesus untuk menyembuhkan putrinya.
Yesus, dalam karya-Nya memperhitungkan segala situasi. Ia tahu bahwa Ia harus menolong putri Yairus namun Ia juga sempat menolong perempuan yang sakit. Ia tahu mana yang baik untuk dilakukan-Nya. Ia tahu bagaimana membuat kita percaya dan tetap beriman kepada-Nya, Ia membisikkan kata lembut di hati kita “jangan takut, percaya saja!”.
Beriman itu aktif. Perempuan yang sakit pendarahan dan Yairus aktif mencari Yesus untuk menolong mereka. mereka tidak diam menunggu belas kasih Allah datang menghampiri mereka, tetapi mereka berinisiatif untuk menghampiri belas kasih Allah.
Ungkapan Yesus “talita kum” bukan hanya kepada putri Yairus, tetapi kepada kita, anak-anak-Nya di masa kini. Allah menginginkan kita untuk bangun dari tidur, bangkit dan memberitakan kebaikan Tuhan Yesus dalam kehidupan kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar